Rabu, 11 Mei 2011

Outbound : Stop Dreaming Start Action




Sudah pernahkah anda tahu bahwa pekerjaan petugas kesehatan begitu banyak? Saking banyaknya sampai tidak tahu apa yang harus dilakukan. Bayangkan saja bagaimana caranya agar masyarakat tetap sehat, tidak ada yang sakit, yang sakit tidak sampai komplikasi, jangan cacat bahkan jangan sampai mati. Terutama menurunkan kematian ibu dan anak. sepertinya mission impossable.  

Tetapi tidak sedikit para kepala puskesmas selalu berkreasi dengan para stafnya agar para petugas kesehatan sebagai tim kesehatan selalu meningkatkan kualitas diri, sehingga mission imposable dapat dikerjakan. Salah satu upaya kegiatan yang dipilih oleh puskesmas Loji Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang adalah Outbound.

Sendiri bisa........
Kegiatan outbound dipilih karena outbound game merupakan pelatihan manajemen diri yang memadukan olah pikir, rasa dan raga. Dilakukan di alam terbuka dan dikondisikan di luar kebiasaan. Seperti orang yang bekerja meninggalkan kebiasaannya berada, berpikir dan berbuat. Kemudian ia menganti cara berpikir dan cara berbuat tersebut untuk mendapatkan hal- hal yang baru. Karyawan yang biasa berhadapan dengan pasien di dalam gedung, mencoba hal baru bermain game di luar gedung. 




Bersama-sama harus bisa juga....
Singkatnya, tahapan proses belajar di lokasi outbound mempunyai empat tahapan, di mana para peserta diajak permainan tertentu oleh operator outbound yang kita sebut experience, setelah tahap experience, mereka mendiskusikan manfaat permainan itu dalam kelompok kecil (processing), dan menyimpulkannya dari hal yang kecil ke hal- hal yang besar (generalizing), selanjutnya mereka merefleksikannya dan menerapkan pengalaman itu dalam sistem kerja kehidupan mereka. Pelatihan ajaib, karena dengan game kita belajar team work, keberanian, manajerial, kemandirian, cinta alam, kesabaran, dll. Dengan demikian outbound game atau outbound services memiliki ciri khas sendiri, di mana keseluruhan kegiatan diterjemahkan dalam bentuk kegiatan yang lebih nyata dan factual. Di dalam berbagai kegiatan para peserta di lokasi outbound akan diperkenalkan oleh outbound operator dengan services outbound atau outbound services dan berbagai jenis permainan (game).

yang kompak.......
Tujuan Pelatihan Out Bound
Tujuan utama kegiatan pelatihan ini adalah melatih para peserta untuk mampu menyesuaikan diri (adaptasi) dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap professionalisme para peserta yang didasarkan pada perubahan dan perkembangan traits (sifat mendasar) dari individu yang meliputi aspek trust, belief, dan komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik. Sikap dan perilaku professionalisme seperti ini.

Dan diharapkan pula kemudian, peserta menyadari bahwa apa yang dilakukan itu merupakan bagian tidak terpisahkan dalam kebersamaan dengan rekan-rekannya dalam team. Keberhasilan seorang individu unit kerja organisasi akan merupakan bagian keberhasilan dari organisasi perusahaan, sebaliknya, kegagalan yang terjadi karena kesalahan individu atau suatu unit organisasi akan mempengaruhi pula nilai keberhasilan secara keseluruhan. Karena itu, semboyan one for all, all for one, yang merupakan semboyan out bound Internasional selalu didengung-dengungkan dalam kegiatan oleh operator outbound atau outbound operator untuk membangun sebuah semangat kebersamaan dan kekompakan, bahkan belakangan ini dikembangkan lagi sebuah semboyan baru yang merupakan pula semboyan dunia global : ” we are one “ Kita adalah satu.

Sikap dan perilaku professionalisme seperti ini meliputi :

Kami siap melayani masyarakat.......
  • Terbentuknya suatu komitmen (commitment) yang utuh dari setiap peserta outbound training melalui 4C, yaitu peningkatan kompetensi (competency), pembentukan kosepsi (conception) pemikiran yang komprehensif, terjadinya hubungan (connection) yang semakin erat diantara para pimpinan organisasi dan kususnya relasi kerja antara bawahan dan atasan, serta munculnya keyakinan akan kepercayaan diri (confidence) akan kemampuan masing-masing peserta yang pada akhirnya akan pula berpengaruh dalam membangun rasa memiliki (the owners) dan bukan sekedar menjadi karyawan. Perubahan ini akan terlihat dari bertumbuh kembangnya rasa tanggung-jawab dalam melakukan tugas di unit kerjanya masing-masing.
Siap melaksanakan tugas berisiko....
  • Pola perilaku yang berkarakter dalam melakukan tugas-tugas kehidupan, berdisiplin, bertanggung jawab, berorientasi ke masa depan, mengutamakan tugas pengabdian, memiliki sikap, etika dan etos kerja yang tinggi.
  • Meningkatkan semangat kerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing, serta meningkatkan keberanian peserta dalam mengambil setiap resiko (risk taking) dari setiap tantangan yang dihadapi. 
Sabaarrrr....meskipun belepotan...
  • Peningkatan kematangan Emotional Question (EQ) melalui program Olah Rasa yang menjadi porsi perhatian outbound bahkan perhatiannya kepada pengembangan Spiritual Quotion (SQ) akan sangat membantu peserta dalam meningkatkan kemampuan menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam setiap penyelesaian tugas-tugas yang dihadapi. 
    Kebersamaan...Kemesraan...
    Flying fox......uji nyali........





    Seluruh karyawan Puskesmas Loji dalam kesempatan ini telah mencoba berkreasi dengan outbound game di Kampung Wisata Mekarbuana. Hasilnya? diharapkan menjadi lebih kompak dan lebih baik dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. 


    mencoba dengan ditarik tambangnya.....ups hampir saja...

    Sesi bermain air...... Bukan sekedar bermain tapi juga ada maksudnya..... Siapa yang bisa sampai di seberang sana? Hanya kelompok 
    yang utuh yang menang.....

    sejengkal-sejengkal nanti juga sampai







    dalam ga ya kolamnya.....





    Istirahat dulu ah.... dikit lagi nyampai.....







    Lebih berani dengan berdiri tegak...







    Yang ini lebih berani....tegak jalannya..
    Tambangnya panjang ga ya?...









    Bertumpu pada tambang...bisa?..

     




    Sambil jalan jongkok juga nyampe......
    Diguyur juga ga pa pa asal kompak....

    Bermain di kolam......tiup terus......

    Ada yang dapat ikannya........?

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar