Rabu, 25 Juli 2012

PERJALANAN KE LOJI


Bagamana Caranya Agar Sampai di Loji ?


Selalu Ada Jalan Untuk Sampai di Loji Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang
 

S
udahkah anda tahu Kabupaten Karawang? Mungkin sebagian akan bertanya disebelah mana Cikampek? Atau sebagian mengenalnya dengan ‘Goyang Karawang’… ah imej yang sebagian tidak suka mendengarnya. Apalagi kalau bertanya Kecamatan Tegal Waru di Karawang……. Jangankan orang Luar Karawang, orang Karawang sendiri belum tentu tahu……. Tapi kalau ditanya daerah Loji di Karawang…. Curug Cigentis…. atau Gunung Sanggabuana…. Atau Pangkalan….Pasti sebagian besar sudah banyak mengenalnya, dan yang terbayang adalah duren, terubuk, gunung dan air terjunnya. 


T
api kalau ada yang nanya kalau ke Loji dari Karawang naek apa? Wah.. cukup sulit menjawabnya. Setahu saya terminal di Karawang Cuma ada di Klari dan sub terminalnya di Cikampek dan Tanjung Pura. Tapi kalau nyari kendaraan ke Loji di situ tidak akan ada. Dimana terminalnya ya? Biar orang-orang pada tahu bagaimana supaya mudah pergi ke Loji kalau memakai kendaraan umum? berikut uraiannya…..


S
atu-satunya angkutan ke daerah Loji adalah kendaraan minibus Elf. Kalau naik elf jangan lupa harus mempersiapkan diri mental dan kesabaran. Jangan pernah berharap bisa berangkat sesuai keinginan kita. Kendaraan ini akan lama ngetem menunggu mobil penuh. Selama kita menunggu kita bisa jajan dulu, mendengarkan music, baca Koran atau tidur dulu (saking lamanya menunggu jalan). Akan sangat beruntung kalau sopirnya sedang diburu keperluan, langsung berangkat tidak akan ngetem. Begitu pula kenyamanan, kita harus siap-siap berdesak-desakan, karena batas kendaraan penuh tidak sesuai bangku duduk, pasti lebih banyak penumpang dari kursi yang tersedia. Bahkan masih bisa bergelantungan dan di atas kap, masih banyak tempat kosong... eh jangan lupa bawa masker karena jalanan penuh debu terutama di musim kemarau.

K
ita bisa menemukan mobil elf ini mangkal di beberapa tempat di daerah Karawang. Tempat mangkal pertama di daerah Johar, tepatnya di sekitar cinangoh, dekat carefour Karawang. Tanya saja jika di pinggir jalan ada elf yang parkir, pasti jawabannya angkutan yang berangkat ke Loji. Elf disini banyak sekali mengangkut orang-orang yang sudah berbelanja dari pasar Johar ataupun dari tempat lainnya yang mau pulang ke arah Karawang Selatan…

 
T
empat mangkal elf berikutnya di pinggir jalan sekitar GOR Panatayuda, di seberang Bank Mandiri Karawang Jalan ……….  Penumpang dari sini lebih banyak para pegawai yang pulang dari tempat kerjanya serta para pelajar yang sekolah di Karawang.



T
empat mangkal Elf yang ketiga yaitu di Pabrik Es. Lokasinya di pinggir jalan ujung jalan Layang dan awal jembatan Citarum jalan Karawang Barat. Penumpang dari sini lebih variatif karena sudah hampir merangkum dari berbagai arah…..


T
empat mangkal Elf terakhir yaitu di Badami. Lokasinya dekat di bawah jalan Karawang barat, tepatnya di portal jalan Badami menuju Loji. Seperti di pabrik es, penumpang dari sini lebih variatif karena sudah di ujung awal jalan menuju Karawang Selatan Loji.


B
agaimana dengan waktu mangkal elf-elf tersebut? Tidak terlalu sulit, hanya punya batasan waktu yang agak sedikit merepotkan, terutama yang punya urusan sampai sore atau malam, sulit pulang. Elf mangkal tidak 24 jam, mulai dari pagi sekali saat matahari terbit (waktu subuh) sampai dengan sore hari saat matahari terbenam (waktu magrib). Selain itu tidak ada kendaraan umum menuju Loji. Tapi jangan khawatir, masih ada kendaraan lain, bisa memakai ojeg, numpang angkutan karyawan, atau numpang mobil apa saja yang lewat terutama truk-truk menuju loji… 

B
agaimana dengan ongkos? Tidak mahal cukup Rp 7000,- (Tujuh Ribu Rupiah,-) untuk sekali jalan menggunakan Elf, dengan segala servisnya, dijamin anda puas. Kalo ojeg sekitar Rp 40.000,- sampai Rp 50.000, - tergantung negosiasi dan jarak tempuh… Kalo numpang mobil yang lewat? Baik-baik saja dengan sopirnya, kalo lagi beruntung bisa gratis….. selamat deh nyampe di Loji....

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Casino Games - JTAHub
    JT 아산 출장샵 Gaming Online Slot Machines JTG Gaming has made the addition of 아산 출장마사지 JTG Gaming Online 고양 출장안마 Slot Machines 포천 출장안마 in the works for both 경산 출장마사지 new and seasoned players.

    BalasHapus